Tak Hanya di Darat, Polres Tanjungpinang Juga Bersihkan Laut

0
74

Tribratanews.kepri.polri.go.id-Tanjungpinang-Komitmen kuat Polres Tanjungpinang untuk menerapkan budaya hidup bersih nampaknya bukan kata-kata manis belaka. Berbagai kegiatan gotong royong dan bersih-bersih didukung, diikuti dan dilaksanakan baik di internal Polres maupun di lingkungan bersama masyarakat seperti di tempat ibadah dan fasilitas umum. Sama halnya dengan yang dilakukan jajaran Polres Tanjungpinang pagi ini, Kamis (3/5/2018).

Namun sasaran kegiatan gotong royong yang dilaksanakan jajaran Personel Polsek KKP, Sat Pol Air dan Sat Sabhara Polres Tanjungpinang kali ini berbeda dengan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kali ini yang menjadi target pembersihan adalah laut dan Pelantar 1 jalan Pos Tanjungpinang yang menjadi tempat labuh sandar kapal dan akses penghubung lalu lintas laut dan darat warga serta pemukiman warga Pelantar. Tak tanggung-tanggung, Kapolsek KKP Kompol Darmawan, SH yang mengendalikan pelaksanaan gotong royong ini menggandeng langsung Dinas PU dan Perkim Kota Tanjungpinang dengan menurunkan satu unit alat berat pengeruk.

Darmawan pun tak segan-segan untuk langsung turun bergelut dengan lumpur dan sampah yang mengotori sepanjang pelantar 1 tersebut. Hal ini menjadi motivasi dan penyemangat Personel lainnya untuk ikut turun bersama-sama dengan warga sekitar membersihkan kawasan tersebut. Tumpukan kayu dan plastik serta sampah non organik yang sulit terdaur ulang oleh alam dikumpulkan dan dimuat ke dalam mobil pengangkut yang telah disiapkan untuk selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan sampah yang semestinya.

“Pendidikan tidak semata-mata hanya materi pelajaran yang kita peroleh di jenjang sekolah, namun diimbangi dengan sifat dan perilaku kita dalam kehidupan baik kehidupan pribadi maupun bermasyarakat. Diri bersih, lingkungan bersih, maka kehidupan pun akan indah untuk dijalani. Kebersihan pun merupakan sebagian daripada iman, jadi tidak ada ruginya jika kita menerapkan pola hidup bersih” ujar Darmawan pada saat pelaksanaan gotong royong tersebut. “Sampah ini jika dibiarkan menumpuk akan menyebabkan terjadinya pendangkalan laut, menjadi sumber penyakit serta dapat merusak ekosistem laut. Sampah inipun mengeluarkan bau yang tidak sedap dan tidak enak dipandang mata. Momentum peringatan hari Pendidikan Nasional menjadi dasar pelaksanaan gotong royong ini yang mana harapannya dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat umumnya dan warga sekitar pelantar 1 khususnya agar selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, menanamkan sifat peduli terhadap lingkungan dan mendidik generasi penerus untuk memiliki pola dan gaya hidup bersih dan sehat” tambahnya.

Kasi Operasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungpinang Dessy Daryati, ST mengaku senang dapat berkolaburasi dengan POlres Tanjungpinang dalam pelaksanaan gotong royong ini. Dessy mengapresiasi dan berharap kegiatan gotong royong dan bersih-bersih seperti ini dapat terus berjalan dan bersinergi antara TNI-Polri, Instansi Pemerintahan dan seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang.

IPTU Syaiful Amri menjelaskan bahwa Pelantar 1 merupakan Pelantar yang dipergunakan masyarakat sebagai dermaga labuh sandar kapal dan pompong penyeberangan. “Setiap hari kapal pompong mengangkut masyarakat, terutama para pelajar yang berasal dari Kampung Bugis yang bersekolah di kawasan Kota Tanjungpinang. Dengan dibersihkannya Pelantar 1 ini diharapkan arus lalu lintas laut menjadi lancar khususnya kapal pompong yang mengangkut pelajar tidak mengalami hambatan akibat menumpuknya sampah dan pendangkalan laut pada saat berlabuh dan bersandar” pungkas Syaiful.

 

Penulis : Dicky Cp.

Editor   : Tahang

Publish : M. Arif Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here